Senin, 14 Mei 2012

“Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan”



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :   SD 012 Tempuling
Mata Pelajaran                   :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                  :   IV /II
Alokasi Waktu                   :   1 x 10 menit
Standar Kompetensi          : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan
Kompetensi Dasar             :    Menyusun karangan secara sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan(hurup besar,tanda titik,dan tanda koma)
Indikator                         : Membuat karangan secara sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan(hurup besar,tanda titik,dan tanda koma)

I.         Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu membuat karangan secara sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan(hurup besar,tanda titik,dan tanda koma)


Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun
( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Peduli
( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

II.      Materi Ajar (Materi Pokok)

III.   Metode Pembelajaran
·  Tanya Jawab
·  Penugasan

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran          :
A.  Kegiatan Awal
a.    Menarik perhatian siswa
Ø Mengucapkan salam
Ø Absensi.
b.    Apersepsi, mengaitkan materi terdahulu dengan materi yang akan dipelajari.
“Kemarin kita telah mempelajari hurup besar,tanda titik,dan tanda koma. Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang menyusun karangan dengan menggunakan hurup besar,tanda titik,dan tanda koma
c.    Motivasi, mengemukakan ide yang bertentangan.
Mengarang sangat bagus buat kita, karena dengan mengarang kita bisa menuangkan pikiran dan perasaan kedalam tulisan,tetapi pada saat sekarang ini masih banyak yang mengabaikannya”
d.   Acuan, menuliskan judul materi yang akan dipelajari di papan tulis serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.


B.   Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa guru mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
                                              1.     Siapa yang pernah membaca suatu karangan ?
                                              2.     Apa yang kalian rasakan kalau karangannya sedih?
v  Elaborasi

Ø Memberikan orientasi umum tentang tujuan, tugas, dan cara mengerjakannya.
“Dalam pelajaran ini, kita akan belajar membuat suatu karangan dengan memperhatikan penulisannya, dengan menggunakan hurup besar,tanda titik, dan tanda koma”
Ø Merancang dan membentuk kelompok serta memvariasikan kegiatan belajar.
“Anak-anak, sekarang kita belajar maunya berkelompok atau tidak?. Sekarang Ibu bagi kelompok, hairun, fiza, dan janah, jadi kelompok 1. julisa, lusianda, jadi kepompok  2. Naaaah..udin belajarnya perorangan saja. Sekarang, mari kita buka LKS kalian pada halaman 10”
Ø Mengkoordinasikan dan melaksanakan supervisi proses awal.
Guru pergi mendekati setiap siswa dalam kelompok untuk melihat apakan sudah berlangsung lancar apa belum.
Ø Melaksanakan supervisi proses lanjutan  dan membagi perhatian serta menunjukkan kehangatan, kesiapan untuk membantu, menerima perasaan siswa dengan penuh rasa simpati dan meresfon positif.
Jika ada kelompok kelihatan dalam kebingungan, guru datang memberikan bantuan dengan sikap yang hangat. “Mengapa?, apakah ada masalah?..” kemudian guru mendengarkan dan mempehatikan ketika siswa berbicara dengan menunjukkan kehangatan.
Ø Berusaha mengendalikan situasi dan membangun hubungan berdasarkan rasa saling percaya.
“Kelompok ini tenang dulu ya! Ibu mau ke kelompok lain. Alangkah baiknya kalian kerjakan dulu dan temukan jawabannya sebelum Ibu kembali. Kemudian guru mendekati udin, “Gimana nak, udah selesai? Coba Ibu lihat”
Ø Bertindak sebagai penasehat dan member penguatan yang sesuai.
fiza kenapa diam, beri fiza juga kesempatan, kalau fiza tidak bisa menyusun kata-katanya, fiza menulis saja dan kalian berdua yang mencari. Kekompakan dan kebersamaan itu penting, yaaaa… begitukan bagus”
Ø Membantu siswa menetapkan tujuan dan menilai belajar siswa.
“julisa mengapa mengerjakan yang halaman 12? Tujuan kita adalah menyusun karangan dengan memperhatikan penggunaan huruf besar,tabda titik, dan tanda koma. Yang halaman 12 itu untuk belajar minggu depan, coba anak Ibu julisa buka halaman 10. Kerjakan yang halaman 10 saja ya”
Ø Melaksanakan supervisi pemaduan dan mengakhiri kegiatan dengan kulminasi.
“Sekarang waktunya tinggal 5 menit lagi”.
 Kemudian guru meminta siswa membacakan hasil laporan, “Coba kelompok 1 bacakan laporannya,”
v  Konfirmasi
Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
C.  Kegiatan Akhir
Ø Guru meminta siswa menjawab pertanyaan siswa yang ada dipapan tulis
Ø Kesimpulan, siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
Ø Tindak lanjut, meminta siswa untuk mmbaca materi selanjutnya tentang membaca pengumuman dengan benar dan tepa

V.      Alat/Media/Sumber Belajar                             
Ø Buku paket Bahasa Indonesia kelas IV
Ø LKS

VI.   Penilaian : tertulis                      

Instrument penilaian
1.    Dalam menyusun karangan penggunaan yang perlu diperhatikan adalah..

Kunci Jawaban soal:
1.    Penggunaan hurup besar
2.    Penggunaan tanda titik
3.    Penggunaan tanda koma









Tembilahan,  Maret,2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah


NETY KURNIAWATI,SPDI

  Guru Mata Pelajaran


MULIA DEWI